Awas!! Toksoplasma Bukan Hanya dari Kucing

Toksoplasma bukan hanya dari kucing

Penyakit Toxoplasma (Toxoplasmiosis) tidak asing lagi didengar. Toksoplasma adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi parasit protozoa (bersel satu)  Toxoplasmiosis gondii. Banyak orang mengetahui bahwa toksoplasma disebabkan oleh kucing. Padahal parasit yang ada dalam penyakit tokso dapat tumbuh dalam jaringan tubuh hewan tidak hanya kucing, walaupun memang bisa ada pada kucing yang sudah terinfeksi. Parasit ini bertelur dalam lapisan usus kucing dan keluar bersamaan dengan feses kucing. Parasit ini juga hidup didalam makanan yang terkontaminasi, makanan mentah, makanan atau daging yang tidak dimasak hingga matang, dan kotoran kucing yang terinfeksi parasit toksoplasma.

Toksoplasma akan dengan mudah menginfeksi wanita hamil dan orang yang memiliki sistem imun yang lemah. Wanita pada trisemester awal kehamilan sangat rentan terkena penyakit ini. Namun, penyakit ini tidak akan berpengaruh pada seseorang dengan kondisi tubuh yang sehat. Penyebaran tokso berasal dari hewan ke manusia, namun bisa menjadi manusia ke manusia dengan kondisi wanita hamil pada janin dalam kandungannya. Tokso jika sudah menginfeksi ibu hamil maka janin yang ada didalam kandungannya akan mengalami perkembangannya akan melambat, hingga menyebabkan keguguran bahkan kematian pada janin.

Gejala toksoplasma yang terjadi ketika seseorang terinfeksi oleh parasit adalah sebagai berikut ini:

  1. Demam
  2. Sakit otot
  3. Sakit kepala
  4. Flu
  5. Nyeri otot
  6. Kelelahan
  7. Radang tenggorokan
  8. Pembengkakan kelenjar getah bening

Gejala-gejala diatas bisa membaik selama 6 bulan lamanya, perlu diperhatikan bahwa meningkatkan sistem imun sangatlah penting untuk melawan parasit ini. Sedangkan pada bayi yang lahir dengan kondisi terinfeksi parasit T. Gondii (Toxoplasmiosis Gondii) memiliki gejala sebagai berikut:

  1. Menderita anemia
  2. Kulit berwarna kekuningan
  3. Kehilangan pendengaran
  4. Peradangan korion atau infeksi dibagian belakang bola mata dan retina
  5. Gangguan intelektual atau retardasi mental
  6. Pembesaran organ hati dan limpa
  7. Kepala tampak lebih kecil (mikrosefalus)
  8. Ruam kulit atau kulit mudah memar
  9. Penumpukan cairan didalam otak sehingga menyebabkan kepala menjadi besar (Hidrosefalus)
  10. Kejang

Jika anda memiliki hewan peliharaan entah itu kucing, anjing, burung atau lainnya, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan kandang, tempat makan dan juga tempat buang kotoran. Jaga pola makan anda dan hindari makan-makanan mentah terutama daging hewan mentah. Perhatikanlah  kesehatan hewan peliharaan anda terutama jika anda memiliki hewan peliharaan kucing dan anjing, tambahkan Oshine Nutrisi Herbal Probiotik kedalam air minum sebanyak 2-3 tetes setiap hari untuk menjaga kondisi tubuh hewan tetap sehat dan meningkatkan sistem imun agar tidak mudah sakit atau terinfeksi oleh parasit toksoplasma.

Semoga bermanfaat yaa sobat Oshine 🙂

=========== INFORMASI PRODUK & ORDER ===========

Kantor Pusat

Jl. Tentara Pelajar No. 23A Banjarsari Surakarta

(0271-665 847)

PHONE/SMS/WA (WhatsApp) : +62 857-4730-3425

Klik >> https://bit.ly/OSHINE-PRO-WA

Temukan Kami :

OSHINE PROBIOTIK

Facebook         : https://www.facebook.com/oshineprobiotik

Instagram        : @oshineprobiotik_

Line ID             : https://bit.ly/Oshine-Probiotik

Related posts

Leave a Comment