FUS/FLUTD

Oleh : Drh. Nury

Penyakit FLUTD pada kucing (Feline Lower Urinary Tract Desease) atau FUS (Feline Urologic Syndrome) merupakan penyakit yang menyerang vesica urinaria (VU) dan urethra kucing. Gangguan saluran kemih dapat terjadi pada kucing jantan dan kucing betina, namun sering terjadi terutama pada kucing jantan hal ini disebabkan oleh struktur uretra kucing jantan yang memilki saluran yang menyempit.

GEJALA

  1. Hematouria (kencing berdarah) Hal ini dikarenakan adanya luka baik pada saluran kencing uretra maupun di kantung kencing.
  2. Mengalami kesulitan urinasi/kencing (disuria).
  3. Meningkatnya frekuensi urinasi yang dipicu oleh rasa sakit serta volume urine yang meningkat karena urinasi tidak lancar.
  4. Tidak terkontrolnya frekuensi maupun lokasi urinasinya.
  5. Pada kondisi obstruksi uretra komplit akan menunjukkan gejala muntah, lemah serta penegangan pada otot perut.

PENYEBAB

  1. Faktor asupan makanan (diet). Pakan yang kaya magnesium menyebabkan pH urine menjadi basa (alkalis). Kenaikan pH mempermudah pembentukan kristal mineral.
  2. Penurunan frekuensi urinasi. Hal ini dapat disebabkan oleh menurunnya asupan air, pakan yang kering, air yang terlalu hangat, terlalu dingin.
  3. Menurunnya aktivitas fisik, hal ini dapat disebabkan karena kucing mengalami obesitas, bahkan kandang yang kotor dapat menyebabkan kucing segan untuk urinasi.

DIAGNOSA

  1. Gejala klinis
  2. Pemeriksaan fisik
  3. Urinalisis
  4. Pada kasus yang sudah parah dapat dipalpasi pembesaran dan rasa sakit VU.

TERAPI

  1. Tindakan yang diberikan pada pasien penderita FUS adalah kateterisasi urin dengan tujuan  pengeluaran urin dan kristal dari VU.
  2. Penggantian cairan tubuh dengan cara infus secara intra vena untuk kasus FUS yang diikuti (depresi, muntah, dehidrasi).
  3. Terapi antibiotik  dan antiradang diperlukan untuk mencegah infeksi sekunder oleh bakteri dan obat-obatan parasimpatomimretik yang menstimulasi otot VU berkontraksi dan relaksasi uretra diperlukan.
  4. Terapi probiotik dengan Oshine Nutrisi Herbal Probiotik setiap hari (Jika sedang mengkonsumsi antibiotik bisa diberikan jarak 2 jam ).
  5. Dalam beberapa kasus diperlukan tindak pembedahan diperlukan untuk menghilangkan sumbatan atau mencegah terjadinya pengulangan timbulnya kristal.

PENCEGAHAN

  1. Memilih makan dengan kadar magnesium yang rendah.
  2. Meningkatkan intake minum dari hewan kesayangan yang dicampur dengan Oshine Nutrisi Herbal Probiotik setiap hari (Jika sedang mengkonsumsi antibiotik bisa diberikan jarak 2 jam )
  3. Menstimulasi hewan agar selalu beraktifitas.
  4. Mengatur pola makan agar tidak terjadi obesitas yang dapat memicu FUS.
  5. Memelihara kebersihan kandang dengan menggunakan Disinfektan Alami Probiotik yang lebih ramah lingkungan seperti D-19. Disarankan agar satu hewan kesayangan memiliki litter box khusus dan tidak bergabung dengan hewan yang lain.

=========== INFORMASI PRODUK & ORDER ===========

Kantor Pusat

Jl. Tentara Pelajar No. 23A Banjarsari Surakarta

(0271-665 847)

PHONE/SMS/WA (WhatsApp) : +62 857-4730-3425

Klik >> https://bit.ly/OSHINE-PRO-WA

Temukan Kami :

OSHINE PROBIOTIK

Facebook         : https://www.facebook.com/oshineprobiotik

Instagram        : @oshineprobiotik_

Line ID             : https://bit.ly/Oshine-Probiotik

Related posts

Leave a Comment