HELMINTHIASIS (CACINGAN) PADA KUCING

By drh. Nury

Cacingan adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh parasit cacing. Tak hanya manusia saja, ternyata cacingan juga dapat menyerang hewan peliharaan seperti kucing. Kucing dapat terinfeksi cacing melalui telur cacing yang tidak sengaja tertelan. Kutu terkadang juga dapat membawa telur cacing sehingga dapat menimbulkan kucing terinfeksi. Selain itu penyakit ini kucing sejak dari lahir, karena cacing ditularkan saat induk bunting dan saat induk menyusui, karena adanya cacing muda dalam tubuh induk.

Jenis Cacing

Ada dua jenis cacing yang biasa ditemukan pada kucing:

  • Cacing gelang            : Cacing ini berada di usus kecil anak kucing, tempat mereka membentuk bola dan dapat menyebabkan penyumbatan usus. Mereka dapat dideteksi oleh adanya telur di feses kucing atau di area anus.
  • Cacing pita                 : Cacing pita menempel pada dinding usus dan menyebabkan kembung, diare, dan terkadang kerusakan bulu. Keberadaan cacing tersebut dapat dideteksi di feses. Cacing tersebut terlihat seperti butiran beras.

Gejala

Gejala cacingan yang ditimbulkan kucing yang terinfeksi diantaranya dapat menyebabkan

  1. Diare
  2. Feses Berdarah
  3. Muntah (kadang-kadang)
  4. Penurunan berat badan
  5. Bulu kusam
  6. Terdapat cacing pada feses.Umumnya cacing keluar bersama kotoran dalam bentuk panjang seperti kawat, berwarna putih, dan panjang (cacing gelang), seperti biji ketimun berwarna putih (cacing pita).

Cara Penularan

Penyebab kucing cacingan yang paling utama adalah melalui kutu. Cacing pita ditularkan ke kucing oleh kutu. Kutu yang belum matang menelan telur cacing dan infeksi ditularkan ke kucing ketika menelan kutu yang terinfeksi.

Pengobatan dan Pencegahan

Pencegahan cacingan yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan kucing. Seperti kandang, litter box dan juga tempat makan dan minumnya. Setelah dicuci bersih Anda bisa menyemprotkan D-19 ke sekitar lingkungan kucing. Selain itu Anda bisa memberikan Oshine Nutrisi Herbal Probiotik untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh kucing sehingga tidak mudah terinfeksi penyakit dan virus. Mandikan kucing secara rutin dengan air mandi yang dicampur Oshine Anti Kutu.

Program pengobatan cacingan dapat dilakukan pada hewan kesayangan minimal 3 bulan sekali. Pemberian antelmintika merupakan cara penanggulangan  kasus cacingan. Kombinasi obat  yang paling banyak digunakan adalah kombinasi obat praziquantel dan pirantel pamoat.

=========== INFORMASI PRODUK & ORDER ===========

Temukan Kami di

Facebook         : oshine probiotik

Youtube          : oshine probiotik official

Web                 : www.oshinepro.com

Instagram      : oshineprobiotikofficial

Jam Kerja

  • Senin-Sabtu  : 08.00-16.30 WIB

Info Pemesanan dan Kemitraan Hubungi

Atau klik Link berikut ini

Link     : https://bit.ly/OSHINE-PRO-WA

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.