Hindari 15 Hal Ini Dalam Merawat Kucing Dan Anjing

Hewan yang umum untuk dijadikan hewan peliharaan adalah kucing dan anjing. Untuk menjaga kesehatan tambahkan Oshine Nutrisi sebanyak 2-3 tetes ke wadah air setiap hari

Memiliki hewan peliharaan bisa menjadi suatu hal yang menyenangkan dan diidamkan oleh para pecinta binatang. Hewan yang umum untuk dijadikan hewan peliharaan adalah kucing dan anjing. Namun, tidak jarang banyak pecinta hewan memelihara hewan lain, seperti ikan, ular, katak, iguana, bahkan macan atau harimau. Anjing dan kucing memiliki karakteristik yang berbeda, Anjing memiliki sifat periang, menurut dan setia sedangkan kucing memiliki sifat manja dan pemalas namun menggemaskan.

Memelihara salah satu atau keduanya bisa memberikan manfaat bagi pemiliknya baik dari segi kesehatan fisik maupun mental. Tapi, hewan peliharaan juga bisa menyebabkan masalah jika kita tidak memelihara dan memberikan perhatian yang baik dan benar. Berikut ini adalah kesalahan yang sering dilakukan oleh pemilik hewan peliharaan yang bisa berakibat pada kesehatan maupun mental dari  hewan peliharaan :

  1. Kesalahan merawat kucing dan anjing yang pertama yaitu mengubah jenis makanan secara tiba-tiba (misalkan makanan kucing kering ke makanan kucing basah atau sebaliknya).

Merawat kucing dan anjing atau binatang peliharaan lain ada hal unik yang perlu diketahui oleh pemilik yaitu kucing maupun anjing pasti akan memakan apapun yang kita berikan jika mereka lapar. Namun, hendaknya kita berhati-hati dalam memberikan makanan untuk mereka. Hewan akan menghafal apa yang biasa majikan mereka berikan, jangan langsung mengganti makanan yang sudah biasa diberikan dengan jenis makanan yang lain. Seperti makanan alami kemudian diganti dengan makanan kering keesokan harinya atau biasa memberikan makanan dengan merk A kemudian diganti dengan merk B, itu akan mengganggu pencernaan mereka.

Gantilah makanan mereka secara perlahan, jika anda biasa memberikan makanan A kemudian ingin mengganti dengan B, hal yang harus anda lakukan adalah mencampurnya sedikit demi sedikit hingga pada akhirnya anda berhasil memberikan makanan B seutuhnya. Hal yang perlu dilakukan adalah jangan melakukannya secara tiba-tiba atau mendadak.

  1. Kesalahan merawat kucing dan anjing yang kedua, kotak kotoran hewan digabungkan.

Kesalahan merawat kucing dan anjing yang kedua, kotak kotoran hewan digabungkan.

Inilah kesalahan umum dikalangan pecinta hewan dalam melakukan perawatan kucing dan anjing. Jika anda memiliki hewan peliharaan lebih dari satu, baiknya anda memisahkan kotak kotorannya. Karena setiap hewan memiliki bau mereka sendiri, ketika mereka membuang kotoran biasanya mereka akan membuang di tempat yang mereka kenali. Jika anda menyatukan tempat kotoran mereka, mereka akan merasa itu bukanlah tempat mereka untuk membuang kotoran dan berakibat hewan peliharaan anda akan membuangnya sembarangan. Pastikan juga anda tidak memindah litter box karena itu akan membingungkannya.

  1. Kesalahan merawat kucing dan anjing yang ketiga, tidak memeriksa jumlah air minum yang dikonsumsi.

Dalam merawat kucing dan anjing jangan biarkan hewan peliharaan anda meminum air toilet. Kucing atau anjing akan lari ke sumber air yang mereka ketahui untuk minum. Jika anda tidak menyediakan air bersih secara cukup atau lupa mengisinya kembali, kucing atau anjing anda akan pergi ke toilet untuk minum. Sedangkan air di toilet bukanlah air yang bersih, hingga akan membuat kucing atau anjing anda sakit. Pastikan selalu untuk memberikan air bersih yang cukup dan selalu menggantinya.

Untuk menjaga kesehatan, meningkatkan kekebalan tubuh binatang peliharaan anda tambahkan Oshine Nutrisi sebanyak 2-3 tetes kedalam wadah air setiap hari.

  1. Kesalahan merawat kucing dan anjing yang keempat, membiarkan hewan menjadi obesitas.

Memberikan makanan yang bergizi dan menyehatkan merupakan salah satu upaya merawat kucing dan anjing. Banyak para pecinta hewan suka melihat hewan mereka gemuk. Memberikan makanan, snack bahkan suplemen secara berlebihan dan tidak mengatur pola makan serta jadwal makan akan membuat hewan peliharaan anda menjadi obesitas. Hewan yang obesitas sangat mudah terkena penyakit.

Terkadang pemilik akan memberikan makanan kapanpun hewan peliharaan mereka meminta makan dengan alasan tidak tega, padahal hewan akan meminta makan terus menerus jika ada kesempatan atau anda memberikan makanan terus menerus dan biasanya hewan tidak akan menolak makanan tersebut.

  1. Kesalahan merawat kucing dan anjing yang kelima, menenangkan hewan dengan kata-kata.

Kesalahan merawat kucing dan anjing yang kelima, menenangkan hewan dengan kata-kata.

Salah satu kebiasaan majikan dalam merawat kucing dan anjing adalah dengan  menenangkan hewan peliharaan ketika dibawa ke klinik, akan dimandikan, atau melakukan sesuatu yang tidak disukai oleh kucing atau anjing. Sedangkan kucing dan anjing akan menghafal apapun yang dikatakan oleh majikannya. Sebagai contoh saat majikan berkata A yang berarti kucing atau anjing akan dimandikan maka mereka akan melakukan pemberontakan atau mengerang marah dan sebagainya.

Sebaiknya anda berlaku biasa saja saat akan memandikan atau melakukan aktifitas yang tidak disukai oleh anjing atau kucing. Pastikan anda tetap berlaku baik pada mereka dengan memberikan mereka pujian atau sekedar treat seperti snack karena telah berlaku baik.

  1. Kesalahan merawat kucing dan anjing yang keenam, membiarkan hewan bermain di luar rumah sepanjang hari.

Kesalahan merawat kucing dan anjing yang keenam, membiarkan hewan bermain di luar rumah sepanjang hari

Bentuk kepedulian pemilik dalam merawat kucing dan anjing adalah membiarkan hewan peliharaan anda bermain seharian diluar rumah bukanlah hal yang baik. Memberikan kebebasan pada hewan untuk menjelajah ditempat baru memang perlu, namun hal yang perlu anda khawatirkan adalah apa yang  hewan peliharaan anda bawa pulang, hewan peliharaan pergi kemanapun dia inginkan padahal akan banyak sekali kuman, penyakit, kutu yang menempel ketika mereka bersinggungan dengan hewan lain atau tempat tertentu.

Berilah batasan atau jam binatang peliharaan anda untuk bermain bebas diluar. Karena sejatinya hewan peliharaan banyak berada didalam rumah. Akan lebih baik lagi jika anda meluangkan waktu anda untuk sekedar menemani bermain diluar atau mengajak jalan-jalan di taman sambil mencari udara segar.

  1. Kesalahan merawat kucing dan anjing yang ketujuh, meninggalkan hewan didalam kendaraan (mobil) yang tertutup (terkunci).

Kesalahan merawat kucing dan anjing yang ketujuh, meninggalkan hewan didalam kendaraan (mobil) yang tertutup (terkunci).

Bentuk rasa sayang majikan dalam merawat kucing dan anjing, kemanapun pergi selalu mengajak binatang peliharaan. Saat anda bepergian dengan mobil bersama hewan peliharaan anda dan ingin mampir ke suatu tempat, pastikan untuk tidak meninggalkannya sendirian didalam mobil yang tertutup dan terkunci. Karena hewan peliharaan anda akan kekurangan oksigen, dehidrasi dan bisa berakibat kematian. Jika anda akan turun dari mobil ajaklah hewan peliharaan anda untuk turun, siapkan tali pengikat untuk anjing atau tas khusus kucing yang mudah dibawa kemanapun anda pergi.

  1. Kesalahan merawat kucing dan anjing yang kedelapan, tidak memeriksa kesehatan kucing dan anjing.

Kesalahan merawat kucing dan anjing yang kedelapan, tidak memeriksa kesehatan kucing dan anjing.

Dalam merawat kucing dan anjing, kesehatan mereka dirumah harus selalu diperhatikan. Mungkin gejala sakit tidaklah terlihat namun sebaiknya anda melakukan check up kesehatan hewan peliharaan paling tidak 1 bulan sekali. Apalagi saat pergantian musim, hewan sangat rentan terkena penyakit, kehilangan nafsu makan dan lainnya. Jika anda tidak ingin hewan peliharaan mengkonsumsi obat kimia, Oshine Nutrisi bisa menjadi solusi terbaik untuk menjaga, mencegah dan mengobati.

Produk Oshine adalah perpaduan antara Herbal dan Probiotik. Salah satu manfaatnya adalah untuk mencukupi kebutuhan nutrisi kucing ataupun nutrisi anjing. Herbal Non Kimia dipadu dengan Teknologi Mikrobakteri terkini (Probiotik) menjadikan Produk Oshine Nutrisi Herbal Probiotik sangat aman untuk diberikan kepada hewan peliharaan kesayangan. Baca Juga: Nutrisi Herbal Probiotik untuk mencegah, mengobati dan perawatan segala jenis Kucing dan Anjing.

  1. Kesalahan merawat kucing dan anjing yang kesembilan, membiarkan hewan tidur dimana saja.

Membiarkan kesayangan anda tidur disembarang tempat adalah bentuk merawat kucing dan anjing yang buruk. Jangan biarkan kucing atau anjing peliharaan tidur sembarangan, buatlah atau tempatkan sebuah karpet empuk atau kasur kecil yang nyaman, hangat agar hewan peliharaan anda tidak tidur disembarang tempat. Hal tersebut akan mengurangi rontok bulu yang akan bertebaran ke seluruh ruangan dirumah anda karena kucing atau anjing hanya tidur disatu tempat saja. Berbeda jika anda membiarkan hewan peliharaan anda tidur dimanapun, akan ada banyak bekas rontokan bulu di kasur, sofa, meja, dan lainnya.

  1. Kesalahan merawat kucing dan anjing yang kesepuluh, salah dosis pemberian vitamin.

Kesalahan merawat kucing dan anjing yang kesembilan memang memerlukan tenaga ekstra. Namun, over dalam memberikan vitamin karena takut hewan akan sakit justru akan menyebabkan masalah kesehatan hewan peliharaan anda. Cukup berikan vitamin atau suplemen sesuai dengan anjuran pakai.

  1. Kesalahan merawat kucing dan anjing yang kesebelas, tidak peka terhadap perubahan perilaku hewan peliharaan.

Jika anda ingin merawat kucing dan anjing dengan baik, pastikan anda memberikan perhatian lebih karena hewan peliharaan seperti kucing dan anjing sangat memerlukan perhatian kita bukan hanya makanan atau tempat yang tinggal yang bersih dan sehat. Luangkanlah waktu anda untuk sekedar bercakap, bermain dan mengajak hewan peliharaan anda berjalan-jalan menghirup segarnya udara ditaman. Perhatikan juga perubahan perilakunya, terka apakah mereka sedang senang, sedih, sakit, marah dan sebagainya. Karena sejatinya hewan peliharaan juga memiliki perasaan untuk diungkapkan dan dimengerti terutama kucing dan anjing.

  1. Kesalahan merawat kucing dan anjing yang kedua belas, memberikan makanan yang tidak tepat pada hewan (pantangan).

Jika anda ingin menjadi majikan yang baik dalam merawat kucing dan anjing, jangan sekali-kali memberikan makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh kucing dan anjing. Mereka ditakdirkan untuk menjadi hewan karnivora bukan omnivora. Jika anda memberikan makanan yang tidak selayaknya dimakan oleh mereka, justru akan menyebabkan hal buruk pada kesehatan maupun pencernaan kucing dan anjing. Terkadang kucing terlihat sedang mencari-cari hingga menggigit rumput di taman, kucing melakukannya sesekali dan hal tersebut sangatlah wajar. Namun, bukan berarti kucing bisa makan sayuran, kucing hanya memilih rumput tertentu untuk membantu pencernaannya.

  1. Kesalahan merawat kucing dan anjing yang ketiga belas, salah membaca bahasa tubuh hewan.

Kesalahan merawat kucing dan anjing yang ketiga belas, salah membaca bahasa tubuh hewan

Hewan peliharaan anda adalah milik anda, pastikan anda merawat kucing dan anjing serta mengenal mereka dengan baik. Apa yang mereka inginkan, saat ingin makan, saat ingin buang air kecil ataupun besar. Saat mereka ingin bermain bersama atau saat mereka tidak ingin diganggu sama sekali. Jangan sampai anda salah mengartikan bahasa tubuh kucing dan anjing. Karena akan membuat mereka kecewa terhadap anda sebagai pemilik.

  1. Kesalahan merawat kucing dan anjing yang keempat belas, tidak menjaga kebersihan tubuh hewan.

Kesalahan merawat kucing dan anjing yang keempat belas, tidak menjaga kebersihan tubuh hewan.

Salah satu cara merawat kucing dan anjing adalah membawa mereka ke klinik kesehatan hewan atau pet shop untuk di Grooming dirasa perlu jika anda tidak bisa memandikan hewan peliharaan anda sendiri. Namun, pastikan pet shop atau pet clinic yang anda tuju terpercaya, karena tidak semua tempat memperlakukan hewan peliharaan dengan baik. Untuk menjaga, mengurangi dan merawat bulu dari kerontokan serta menghilangkan kutu, tungau, jamur anda bisa menggunakan Oshine Anti Kutu sebagai solusi jitu.

Jika anda takut menggunakan obat kimia untuk menghilangkan kutu, tungau, jamur dan lainnya. Oshine Anti Kutu aman untuk kucing dan anjing, tidak masalah jika terjilat dan bisa menjadi perawatan bulu kucing dan anjing. Formula Anti Kutu Herbal , mengandung probiotik komplek dan kuat. Perpaduan antara probiotik, kimia, herbal daun sirih merah dan ekstrak buah pinang yang ampuh, aman dan alami untuk membasmi kutu, gurem, caplak, jamur dan parasit yang dikhususkan untuk kucing dan anjing.

  1. Kesalahan merawat kucing dan anjing yang kelima belas, memberikan obat manusia pada hewan.

Saat anda panik mengetahui kucing atau anjing anda sakit, pasti terbersit dalam pikiran anda untuk memberikan obat manusia pada binatang peliharaan, dalam kondisi demam, mencret atau diare, nafsu makan menurun, dan lainnya. Kesalahan dalam merawat kucing dan anjing inilah yang sering terjadi dan dilakukan oleh majikan.  Jangan sekali-kali memberikan obat manusia untuk hewan karena hewan tidak akan kuat dengan dosis manusia. Berikan obat hewan sesuai dengan sakit atau yang dikeluhkan oleh hewan. Anda bisa memberikan Oshine Nutrisi untuk pencegahan, perawatan kucing dan anjing dan pengobatan hewan peliharaan kesayangan anda.

Semoga bermanfaat yaa sobat Oshine 🙂

=========== INFORMASI PRODUK & ORDER ===========

Kantor Pusat

Jl. Tentara Pelajar No. 23A Banjarsari Surakarta

(0271-665 847)

PHONE/SMS/WA (WhatsApp) : +62 857-4730-3425

Klik >> https://bit.ly/OSHINE-PRO-WA

Temukan Kami :

OSHINE PROBIOTIK

Facebook         : https://www.facebook.com/oshineprobiotik

Instagram        : @oshineprobiotik_

Line ID             : https://bit.ly/Oshine-Probiotik

Related posts

Leave a Comment