Kenali “Cherry Eye” Pada Anjing

Oleh drh. Nury

Folicular Ophthalmitis atau lebih dikenal sebagai cherry eye merupakan benjolan kelenjar pada membrana nictitans. Tidak seperti manusia, anjing memiliki bagian mata yang disebut third eyelid (atau nictitating membrane) yang menampung kelenjar air mata dan terletak di sudut dalam bawah mata (dekat hidung atau moncong). Saat normal, kelenjar third eyelid ini tidak akan terlihat saat Anda melihat anjing Anda. Namun, ketika kelenjar ini keluar dari posisi normalnya atau menonjol keluar (prolaps), maka kondisi ini disebut “cherry eye“. Biasanya diikuti dengan pembengkakan atau benjolan merah di sudut dalam mata (seperti cherry).

Penyebab Cherry eye

Penyebab pastinya belum diketahui, namun dapat berkaitan dengan lemahnya jaringan ikat yang menghubungkan kelenjar dengan struktur di sekitar mata. Cherry eye bisa terjadi pada setiap anjing pada usia berapa pun, namun ada beberapa jenis ras tertentu yang lebih rentan terhadap kondisi ini, yaitu Beagle, Bloodhound, Bulldog, Cocker Spaniels, Lhasa Apso, Shih Tzu, Sharpei, Bull Terrier, Boston Terrier dan Saint Bernard.


Pengobatan Cherry eye

  1. Cherry eye bisa diobati dengan antibiotik topikal, obat anti-inflamasi. Terapi topikal bisa membantu mengurangi peradangan dan mencegah atau mengatasi infeksi sekunder yang umumnya berkaitan dengan kondisi ini. Namun, pengobatan topikal sendiri jarang berhasil dalam mengobati Cherry eye.
  2. Cherry eye dapat diobati dengan operasi, Untuk pengobatan dengan operasi ada 2 cara, yaitu
  3. Reposisi atau mengembalikan ke posisi semula dan mencoba menyelamatkan kelenjar
  4. Berikan Oshine Nutrisi Herbal Probiotik untuk meningkatkan imunitas Anjing agar tidak mudah terserang penyakit dan selalu sehat.

Aturan pemberian Oshine :

Terapi Dalam

Teteskan 5-8 tetes Oshine pada minuman Anjing dan Kucing (pastikan air selalu bersih dan diganti setiap hari).

Terapi Luar

Teteskan 2-3 tetes Oshine pada mata yang sedang mengalami peradangan atau infeksi (2x sehari).

Pencegahan Cherry eye

Tidak banyak yang bisa dilakukan dalam mencegah terjadinya cherry eye pada hewan kesayangan. Hanya saja dapat diminimalkan resiko dengan cara menjaga kebersihan mata pada hewan kesayangan dan segera berkonsultasi apabila terjadi radang ataupun gangguan pada mata hewan kesayangan kita.

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.