Kenali Gangguan Kulit Pada Anjing

Oleh drh. Nury

Hai, Sobat Oshine. Apakah kalian semua tahu gangguan pada kulit yang bisa membuat anjingmu merasa tidak nyaman? Yuk, kita kenali gangguan-gangguan kulit pada Anjing di bawah ini

  • Infeksi jamur

Infeksi kulit bisa menyerang kaki atau telinga, yaitu tempat di mana jamur memiliki ruang yang nyaman untuk tumbuh. Infeksi jamur mudah didiagnosis dan sering kali mudah diobati dengan krim topikal. Pada beberapa kasus, dokter mungkin meresepkan obat oral atau obat mandi. Dermatofit yang paling umum menginfeksi anjing adalah Microsporum canis. Dermatofitosis dapat menginfeksi kulit, rambut, atau kuku. Pada anjing, sekitar 70% penderita ringworm disebabkan kapang Microsporum canis, 20% oleh M. gypseum, dan 10% oleh Trichophyton mentagrophytes. Jenis jamur yang paling sering menempel pada tubuh anjing dan kucing adalah Microsporum canis, Trichophyton mentagrophytes, dan Microsporum gypseum.

  • Folikulitis

Folikulitis terjadi ketika folikel rambut mengalami peradangan. Kondisi ini sering terjadi saat anjing mengalami masalah kulit lain seperti kudis atau alergiFolikulitis biasanya ditandai dengan munculnya luka akibat garukan, benjolan dan koreng di kulit. Kelainan kulit ini lebih mudah terlihat pada anjing berbulu pendek. Pada anjing berbulu panjang, gejala yang terlihat adalah bulu terlihat kusam dan ada kulit bersisik di bawahnya. Folikulitis sering terjadi bersamaan dengan masalah kulit lainnya, seperti kudis, alergi, atau cedera. Perawatan yang bisa diberikan yaitu antibiotik oral dan salep antibakteri atau sampo. Dokter hewan biasanya akan meresepkan sampo khusus untuk mengatasinya.

  • Impetigo

Impetigo adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri dan rentan menyerang anak anjing yang berada dalam kondisi buruk dan tidak higienis. Masalah kulit Impetigo menyebabkan lepuh berisi nanah yang bisa pecah dan mengeras. Lepuh biasanya berkembang di bagian perut yang tidak berbulu. Impetigo jarang menjadi gangguan yang serius dan dapat diobati dengan larutan topikal.  Lesi Impetigo dapat muncul pada perut dan ketiak anjing dalam bentuk pustula (benjolan kecil yang berisi nanah atau cairan), papula (benjolan padat, terasa nyeri, dan tidak bernanah), kerak epidermal, serta kerak. Anjing yang mengalami Impetigo dapat diobati dengan antibiotik yang diresepkan oleh dokter.

  • Seborrhea

Masalah kulit ini menyebabkan kulit anjing menjadi berminyak dan bersisik (ketombe). Pada beberapa kasus, seborrhea adalah penyakit genetik yang terjadi saat anjing masih muda dan berlangsung seumur hidup. Namun, kebanyakan anjing dengan seborrhea mengembangkan komplikasi. Untuk itu, kamu perlu segera mengobati penyebab sehingga gejala tidak kambuh.

Apakah penyakit kulit pada hewan dapat menular ke manusia?

Beberapa jamur dapat menular dari hewan kesayangan kepada kita. Maka dari itu kita wajib menjaga agar terhindar dari infeksi jamur. Berikut beberapa tips pencegahan agar tidak tertular jamur kulit dari hewan kesayanganmu:

  • Menjaga kesehatan kulit dengan cara memandikan dengan rutin minimal 2 kali dalam sebulan. Campur air mandi dengan Oshine Anti Kutu dan Jamur agar masalah kulit dan bulu anjing hilang.
  • Rutin memberikan vaksin pada hewan, guna mengurangi risiko hewan terinfeksi penyakit yang dapat menular pada dirimu dan orang lain.
  • Berikan makanan bernutrisi dan air minum yang bersih yang dicampur dengan Oshine Nutrisi Herbal Probiotik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Jangan biarkan hewan peliharaanmu meminum air dari toilet, sebab berbagai macam infeksi bisa menyebar melalui air liur, urine, dan tinja.
  • Batasi kontak hewan peliharaan dengan hewan liar di luar rumah.
  • Cuci tanganmu dengan sabun  setelah menyentuh hewan peliharaan.
  • Gunakan masker dan sarung tangan ketika membersihkan kandang dan membuang kotoran hewan.
  • Bersihkan setiap sudut ruangan dalam rumah, khususnya area yang sering dikunjungi hewan peliharaan.
  • Gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan permukaan lantai serta benda-benda di dalam ruangan dari bulu atau serpihan kulit hewan yang masih menempel.
  • Selain menjaga kebersihan rumah, sirkulasi dan kondisi udara di dalam rumah juga perlu diperhatikan, karena jamur dapat dengan mudah tumbuh di tempat-tempat yang dingin dan lembab.

(Dari Berbagai Sumber)

=========== INFORMASI PRODUK & ORDER ===========

Temukan Kami di

Facebook         : oshine probiotik

Youtube          : oshine probiotik official

Web                 : www.oshinepro.com

Instagram      : oshineprobiotikofficial

Jam Kerja

  • Senin-Sabtu  : 08.00-16.30 WIB

Info Pemesanan dan Kemitraan Hubungi

Atau klik Link berikut ini

Link     : https://bit.ly/OSHINE-PRO-WA

Shopee: https://bit.ly/OshineNutrisi_SehatProbiotik

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.