Penyebab bulu anjing rontok yang harus perhatikan. Cara mengatasi kerontokan pada bulu anjing. Tambahkan Oshine Nutrisi Herbal Probiotik kedalam air minum.
Anjing Kesayangan Artikel Tahukah Anda Tips Perawatan

KENALI PENYEBAB BULU ANJING RONTOK

Anjing adalah salah satu hewan favorit untuk dijadikan peliharaan. Selain memiliki rupa yang lucu, anjing juga termasuk hewan yang sangat penurut. Ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa “Jika kamu memberikan makan pada anjing selama 3 hari maka anjing tersebut akan mengingatmu selama 3 tahun”. Begitulah sifat anjing yang penurut dan setia pada pemiliknya yang membuat banyak orang ingin memelihara anjing.

Namun, memelihara anjing tidaklah mudah. Apalagi anjing tersebut memiliki bulu yang lebat, seperti Siberian Husky, Golden Retriever, Alaskan Malamute dsb.  Kerontokan akan menjadi salah satu masalah yang pasti anda rasakan. Ada beberapa penyebab bulu anjing rontok yang harus anda perhatikan:

  1. Shedding (Kerontokan pada bulu anjing)

Masa ini sebenarnya wajar bagi anjing untuk merontokkan bulunya. Anak anjing akan merontokan bulu mereka dan mengganti bulu saat usia 4 sampai 6 bulan. Tergantung dari jenis anjing itu sendiri, ada jenis anjing yang baru melakukan shedding saat berusia 2 tahun.

  1. Kutu dan Tungau

Kutu dan tungau merupakan hama yang sangat mengganggu bagi anjing. Anjing bisa dengan mudah terkena kutu dan tungau ketika bermain di luar rumah, seperti ditaman, lapangan, atau tempat terbuka lainnya. Kutu atau tungau juga bisa hidup diperabotan kayu yang bisa menempel ke tubuh anjing ketika mereka mendekat pada perabotan.

Gigitan kutu atau tungau akan menyebabkan rasa gatal pada tubuh anjing. Anjing akan menggaruk bagian tubuhnya yang gatal dan menyebabkan bulu anjing rontok. Jika terjadi garukan yang parah akan menyebabkan luka pada kulit anjing.

  1. Stress

Anjing juga hewan yang bisa mengalami stres. Banyak penyebab dari anjing menjadi stres antara lain tempat yang asing, pemilik yang kurang perhatian dan lainnya. Anjing akan menjilati tubuhnya ketika stres untuk membuat dirinya merasa rileks, sedangkan jika anjing menjilati bulunya secara berlebihan maka bulu anjing rontok dengan mudah.

  1. Alergi Makanan

Kekebalan tubuh anjing berbeda-beda, begitu juga kecocokan anjing terhadap makanannya. Pastikan anjing anda mendapatkan makanan yang tepat. Karena alergi makanan akan menimbulkan gatal yang luar biasa, ini sering terjadi di area telinga, badan dan anus. Jika hal ini dibiarkan terjadi maka akan menyebabkan kerontokan bulu yang parah.

  1. Collar dan Aksesoris

Pemakaian collar dan aksesoris yang terlalu kuat atau ketat serta bahan collar yang tidak sesuai bisa membuat  leher anjing tercekik dan bulu mengalami kerontokan. Apalagi beberapa collar yang terbuat dari kulit dan plastik rentan menyebabkan gatal dikulit anjing itu sendiri.

  1. Penyakit Kulit

Ada beberapa jenis penyakit kulit yang bisa dialami oleh anjing, seperti demodex, hotspot, scabies, dan juga ringworm. Penyakit kulit tersebut disebabkan oleh banyak hal misal lingkungan yang kurang ideal seperti terlalu lembab, terlalu panas, kotor dan lain sebagainya. Penyakit kulit ini juga menyebabkan bulu anjing rontok.

  1. Hyperthyroidism

Penyakit ini adalah penyakit hormonal yang salah satu gejalanya adalah bulu anjing rontok sangat parah. Penyakit ini disebut juga dengan Sindrom Cushing yang muncul akibat tumor jinak di bawah kelenjar otak yang akhirnya mempengaruhi sistem hormon anjing dan biasanya diderita oleh anjing yang sudah tua.

Cara mengatasi kerontokan pada bulu anjing bisa diatasi dengan melakukan beberapa langkah berikut ini.

  1. Mengganti Makanan Anjing

Gantilah makanan anjing anda dengan makanan anjing yang mengandung tinggi omega 3 dan 6 untuk menjaga kulit dan bulu anjing tetap kuat.

  1. Quality Grooming

Gunakanlah peralatan anti kerontokan, seperti sisir anti rontok dan shampo anjing anti rontok. Serta rutinlah memandikan dan menyisir bulu anjing anda.

  1. Berikan Air Bersih

Pastikan anda mengganti air minum anjing peliharaan anda setiap hari dan selalu dalam keadaan bersih.

  1. Suplemen dan Vitamin

Tambahkan Oshine Nutrisi Herbal Probiotik kedalam air minum sebanyak 2-3 tetes setiap hari. Guna mencegah dan merawat kucing dari dalam serta membuat bulu menjadi lebat.

  1. Obat Kutu

Pemberian Oshine Anti Kutu bisa membuat bulu menjadi lembut dan tidak rontok. Bisa menjadi solusi ketika bulu anjing sudah terlanjur rontok parah. Untuk pengaplikasian 5-10 tetes kedalam ½ liter air dan bisa digunakan 2 hari sekali.

=========== INFORMASI PRODUK & ORDER ===========

Kantor Pusat

Jl. Tentara Pelajar No. 23A Banjarsari Surakarta

(0271-665 847)

PHONE/SMS/WA (WhatsApp) : +62 857-4730-3425

Klik >> https://bit.ly/OSHINE-PRO-WA

 

Temukan Kami :

OSHINE PROBIOTIK

Facebook         : https://www.facebook.com/oshineprobiotik

Instagram        : @oshineprobiotik_

Line ID             : https://bit.ly/Oshine-Probiotik 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *