MUNTAH PADA KUCING

Muntah sesekali bisa menjadi sebuah hal yang normal pada kucing, sesekali kucing akan memuntahkan bulu-bulunya yang tertelan. Namun, jika kucing tidak biasa muntah (dan tiba-tiba muntah), mengalami penurunan berat badan, tampak sakit atau frekuensi muntahnya meningkat wajib kita waspaidai. Muntah adalah respons tubuh karena ada yang tidak beres didalam pencernaan atau tenggorokan kucing. Muntah pada kucing dapat disebabkan oleh banyak faktor yaitu

Penyebab Kucing Muntah

Penyebab dari kucing muntah ada banyak sekali, seperti:

  1. Muntah Karena Kekenyangan

Sama seperti makhluk hidup lainnya ketika perut kekenyangan pasti akan merasakan mual dan berakhir muntah atau memuntahkan makanan yang ada didalam perut.

  • Muntah Karena Menelan Benda Asing

Karena kucing memiliki rasa penasaran yang tinggi terkadang benda asing pun bisa tertelan seperti tissue, plastik, kertas, karet atau mainan lainnya.

  • Muntah Karena Keracunan

Ada beberapa benda yang setiap hari digunakan oleh manusia dan bisa membahayakan kucing, seperti cairan pengharum ruangan, parfum, cairan pembersih baju, lantai, bahkan kamper yang berbentuk bola dan lainnya. Kucing memiliki rasa penasaran yang tinggi pada alat dan perabotan rumah sehingga mereka sering mengendus-endus atau bahkan hingga menjilatnya yang bisa menyebabkan kucing keracunan.

Bisa juga terjadi ketika kita akan membunuh tikus dengan memberikan racun tikus namun salah sasaran justru dimakan oleh kucing. Hati-hati dalam penggunaan racun tikus dan juga jauhkan benda-benda yang sekiranya membahayakan kucing. Muntah yang disebabkan karena kucing keracunan adalah respon tubuh kucing yang secara otomatis dilakukan untuk mengeluarkan racun.

  • Muntah Karena Bulu (Hairball)

Muntah karena bulu bisa dibilang wajar dan sesekali kucing muntah untuk mengeluarkan bulu-bulunya yang tertelan. Hairball adalah kondisi ketika kucing memuntahkan gumpalan rambut khususnya untuk kucing berambut panjang atau kucing anggora hal ini lebih sering terjadi. Bagaimana Hairball bisa terjadi? kucing memiliki kebiasaan self grooming atau membersihkan rambutnya. Dari kebiasaan self grooming ini, ada beberapa rambut yang tertelan oleh kucing. Jika rambut tersebut terakumulasi dalam jumlah banyak dan menyumbat saluran pencernaan, kucing secara naluri akan memuntahkan gumpalan rambut tersebut.

  • Muntah Karena Sakit
  • Virus

Virus Panleukopenia : Infeksi Felione Parvovirus yang menyebabkan peradangan atau gangguan pada saluran pencernaan. Salah satu tanda kucing terkena virus ini adalah muntah berwarna kuning.

  • Cacing

Cacing gelang dapat menyebabkan kucing muntahmuntah. Kucing bahkan mungkin akan memuntahkan cacing gelang dewasa juga. Cacing ini tampak menyerupai spageti. Muntahmuntah juga merupakan gejala pada cacing hati. Periksa muntahan kucing untuk memastikan adanya parasit atau tanda penyakit lainnya. Perlu diingat bahwa muntahmuntah bukan berarti sudah pasti kucing terinfeksi cacing. Hal ini bisa saja disebabkan oleh sejumlah gangguan lainnya.

  • Bakteri

Leptospirosis adalah penyakit yang menyerang anjing, kucing dan juga manusia. Gejala yang terlihat yaitu kulit hewan menguning, muntah dan diare. Penyebabnya adalah bakteri Leptospira sp. yang umumnya terdapat pada air seni tikus. Penularan terjadi melalui kontak langsung dengan urin anjing dan kucing yang infeksi, kontak kelamin pada saat pacak (musim kawin) dan luka gigitan. Penularan secara tidak langsung terjadi karena  terkontaminasinya  sumber air, tempat makan minum dan kandang. Bakteri ini menyebabkan kerusakan pada hati dan ginjal. Tingkat kematian karena penyakit ini sangat tinggi.

  • Meningkatnya Asam Lambung

Naiknya asam lambung bisa menyebabkan muntah pada kucing. Penyebab dari naiknya asam lambung ada banyak, seperti kucing mengkonsumsi makanan yang terfermentasi, adanya benda asing yang masuk ke lambung seperti plastik, logam, tulang bahkan rumput.

  • Kucing Hamil

Tanda kucing hamil adalah muntah dengan warna kuning, dikarenakan hormon estrogen pada lambung kucing meningkat saat kucing hamil hingga menyebabkan muntah.

Pencegahan, Pengobatan Dan Perawatan Kucing

  1. Berikan banyak air putih. Muntah bisa menyebabkan dehidrasi. Memberikan air segar setiap saat pada kucing merupakan hal yang penting. Apabila kucing Anda sulit minum, berikan minum menggunakan alat suntik (tanpa jarum).
  2. Berikan Oshine Nutrisi Herbal Probiotik kedalam air minumnya atau bisa di teteskan langsung ke mulut kucing untuk mengobati muntah kucing.
  • Biarkan kucing Anda beristirahat agar proses penyembuhan semakin cepat.
  • Pastikan kucing Anda tetap memakan makanannya. Jika dirasa makanan kering sulit dicerna anda bisa memberikan makanan basah yang lebih mudah dicerna kucing.

(Dari berbagai sumber)

=========== INFORMASI PRODUK & ORDER ===========

Kantor Pusat

Jl. Tentara Pelajar No. 23A Banjarsari Surakarta

(0271-665 847)

PHONE/SMS/WA (WhatsApp) : +62 857-4730-3425

Klik >> https://bit.ly/OSHINE-PRO-WA

Temukan Kami :

OSHINE PROBIOTIK

Facebook         : https://www.facebook.com/oshineprobiotik

Instagram        : @oshineprobiotik_

Line ID             : https://bit.ly/Oshine-Probiotik

Related posts

Leave a Comment