WASPADA OTITIS

Oleh : Drh. Nury

Otitis adalah sakit atau peradangan pada saluran pendengaran yang ditandai dengan nyeri, demam, hilangnya pendengaran, tinnitus dan vertigo. Otitis sendiri dibagi menjadi 3 jenis berdasarkan tempat terjadinya peradangan, yaitu: otitis eksternal, otitis media dan otitis internal. Otitis pada telinga luar sering terjadi karena telinga bagian luar lebih sering kontak dengan benda asing, bakteri, jamur, ear mites dan air yang kotor. Otitis dapat ditemukan pada hewan kecil dan hewan besar domestik seperti anjing, kucing, kelinci, ruminansia, kuda, babi, dan unta. Penyakit ini dapat menyerang hewan dengan segala usia.

Penyebab Otitis

  • Kotoran

Sebagian besar kasus infeksi pada telinga berawal dari kotornya telinga. Kotoran yang terdapat dalam telinga bisa berasal dari luar (debu, tanah, dll) atau dari dalam telinga sendiri. Penumpukan cerumen yang berlebihan dapat bisa menjadi tempat yang cocok untuk tumbuhnya bakteri atau jamur, selain itu juga menimbulkan rasa tidak nyaman yang memancing kucing menggaruk/mencakar-cakar telinga. Garukkan ini menyebabkan luka kecil yang kemudian dapat berkembang menjadi infeksi.

  • Bakteri & Jamur adalah salah satu agen utama penyebab infeksi telinga. Karena sesuatu hal bisa saja terjadi populasi berlebihan dari jamur ini dan menyebabkan terjadinya otitis.
  • Ear mite/tungau telinga.

Tungau/kutu berukuran kecil yang sering menyebabkan otitis pada kucing adalah dari spesies Otedectes cynotis. Tungau spesies lain yang juga bisa menyebabkan otitis adalah sarcoptes, demodex dan notoedres.

  • Alergi.

Alergi terhadap serbuk sari, makanan atau obat-obatan juga dapat menyebabkan otitis.

  • Gangguan hormone
  • Tumor/polip dapat saja tumbuh di telinga atau saluran telinga.
  • Bentuk telinga yang terlipat/ menutup seperti pada ras kucing scottish fold mempertinggi resiko terkena otitis.

Gejala yang sering muncul saat hewan terkena otitis adalah hewan sering menggeleng-gelengkan kepala,  menggaruk telinga, keluar leleran atau eksudat dari telinga, telinga beraroma tidak sedap / bau, lubang telinga kotor, telinga terlihat kemerahan kadang hingga bengkak. Jika sudah parah akan menimbulkan demam dan berkurangnya nafsu makan.

Agar hewan kesayangan kita tidak terkena otitis adalah dengan rutin mengecek kebersihan telinga juga sering membersihkan telinga hewan kesayangan kita. Untuk perawatan harian bisa diberikan Oshine Nutrisi Herbal Probiotik sebagai penambah nafsu makan dan probiotik yang mampu meningkatkan imunitas dan Oshine Anti Kutu untuk grooming.

=========== INFORMASI PRODUK & ORDER ===========

Temukan Kami di

Facebook         : oshine probiotik

Youtube          : oshine probiotik official

Web                 : www.oshinepro.com

Instagram      : oshineprobiotikofficial

Jam Kerja

  • Senin-Sabtu  : 08.00-16.30 WIB

Info Pemesanan dan Kemitraan Hubungi

Atau klik Link berikut ini

Link     : https://bit.ly/OSHINE-PRO-WA

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.