Anjing Ras German Shepherd Si Penjaga yang Cerdas

german shepherd anjing gembala

Sejak tahun 1899, anjing German Shepherd alias sangat dihargai karena kesetiaan, keberanian dan kecerdasannya. Dari anjing German Shepherd yang pertama terdaftar, Horand von Grafrath -seekor anjing tangkas yang sangat cerdas dengan kemampuan menggiring tenak secara naluriah- muncullah standar peranakan yang telah dilestarikan selama lebih dari satu abad melalui pembiakan selektif. Karakteristik ini, dikombinasikan dengan sikapnya yang penuh semangat namun juga bisa santai, telah membuat anjing herder populer di dunia sebagai anjing pelayan dan sahabat yang setia.

Pencetus peranakan herder adalah Kapten Kavaleri Max Emil Frederich von Stephanitz. Saat menghadiri pertunjukan anjing di Jerman pada 1800-an, seekor anjing penggiring bernama Hektor Linksrhein menarik perhatiannya. Dengan kecerdasan dan kekuatan bawaan untuk menggiring hewan, ditambah daya tahan dan kelincahannya, Hektor memiliki banyak kualitas anjing pekerja yang dicari Stephanitz. Ia membeli Hektor dan mengganti namanya menjadi Horand von Grafrath. Stephanitz kemudian mengembangbiakkan Horand dengan seekor anjing betina dari jenis sama yang dipilih secara hati-hati. Horand von Grafrath menjadi penjantan pertama herder yang kita kenal sekarang.

Menurut Westminster Kennel Club, German Shepherd dikenal sebagai German Sheep Dog dari tahun 1908 sampai 1918 dan sebagai Shepherd Dog dari tahun 1919 sampai 1931. Karena sentimen anti-Jerman selama Perang Dunia I, nama German Shepherd dikhawatirkan tidak akan menguntungkan. Pada tahun 1919, English Kennel Club mendaftar anjing ini secara terpisah dan mengganti namanya menjadi Alsatian, sesuai nama Alsace, sebuah wilayah di Prancis. Pada tahun 1977, English Kennel Club resmi mengembalikan namanya menjadi German Shepherd Dog.

Sekitar tahun 1925, kecenderungan pengembangbiakan anjing ‘squarish’ berukuran over-size dengan temperamen stabil membuat Stephanitz merasa perlu melakukan perubahan. Pada tahun 1925, Stephanitz memilih Klodo von Boxberg, anjing bertubuh pendek dan panjang. Anjing ini akan menjadi katalis untuk membuat perubahan, seekor penjantan yang kualitasnya ingin diturunkan Stephanitz pada generasi berikutnya. Klodo diimpor ke Amerika pada tahun yang sama dan menjadi pejantan German Shepherd yang berpengaruh di Amerika Utara.

Selama Perang Dunia II, German Shepherd secara luas digunakan sebagai anjing penjaga, detektor, dan pembawa pesan bagi pasukan Jerman dan Amerika. Program Dogs for Defense dibentuk di Amerika dan German Shepherd adalah salah satu dari tujuh jenis anjing yang digunakan oleh militer sebagai anjing penjaga. German Shepherd sangat disukai karena loyalitas dan kemampuan mereka untuk tetap fokus pada tugas serta warna netral mereka, yang membuatnya tidak mencolok.

Ciri Fisik Anjing German Shepherd :

ciri ciri fisik german shepherd

ciri ciri fisik german shepherd

  1. Tinggi Anjing Herder dewasa rata-rata 55-56 cm dengan berat badan 35-41 kg
  2. Kekar dan berotot
  3. Badannya memanjang dengan tulang-tulang yang sangat kuat.
  4. Gigi sangat kuat
  5. Telinga kuat dan tegak.
  6. Bentuk matanya agak elips, berwarna hitam dan berbinar-binar.
  7. Lehernya kuat berotot.
  8. Ekornya agak melengkung ke bawah dan agak panjang.
  9. Kakinya kekar dan kuat.
  10. Warna tubuhnya ada bermacam-macam antar lain hitam, iron, grey, ash grey dengan shading coklat, kuning, atau abu-abu muda
  11. Umurnya dapat mencapai 13-15 tahun.

Sifat anjing German Shepherd :

  1. Aktif
  2. Gagah berani
  3. Ceria
  4. Patuh
  5. Penuh kasih sayang
  6. Hati-hati dan waspada terhadap orang asing
  7. Sangat setia
  8. Pintar
  9. Mudah dilatih
  10. Mempunyai kemampuan untuk belajar
  11. Menggonggong apabila perlu dan selalu didahului dengan aksi
sifat german shepherd
Sifat Anjing Ras German Shepherd

 

Cara Memelihara Anjing German Shepherd :

  1. Berikan Anjing kandang yang aman

Agar anjing peliharaan anda merasa aman dan nyaman berikanlah ia kandang sebagai tempat dtinggalnya. Ini sangat penting terutama ketika anda sedang bepergian dan anjing anda ditinggal di rumah sendirian. Dengan adanya kandang yang aman akan membuat anjing merasa nyaman.

  1. Bersihkan kandang secara rutin

Rutinlah membersihkan kandangnya setiap 2 hari sekali agar anjing sehat dan terhindar dari beberapa penyakit. Buatlah kandangnya dari bahan aluminium supaya mudah membersihkannya. Membersihkan kandang anjing secara rutin juga mampu membuat anjing anda nyaman dan betah di dalam kandang.

  1. Berikan makanan bernutrisi

Berikan makanan yang bernutrisi agar anjing anda tumbuh sehat. Pilihlah jenis makanan yang berkualitas dan bernutrisi tinggi. Lebih baik menyesuaikan keinginan anjing dan membiarkan anjing memilih makanan kesukaannya. Berikan jenis makanan yang berbeda beda disetiap harinya.

  1. Berikan makanan sesuai kebutuhan anjing

Perhatikan makanan anjing peliharaan anda, pahami takaran makanan anjing sesuai kebutuhannya, sehingga anjing peliharaan anda terjaga dengan baik.

  1. Mandikan Anjing peliharaan secara teratur

Mandikan anjing secara teratur minimal satu minggu sekali untuk menjaga kebersihannya. Anda bisa menggunakan shampoo khusus anjing. Anjing Anda  akan terasa bersih dan nyaman.

  1. Bersihkan gigi anjing secara teratur

Bersihkan gigi anjing menggunakan pasta gigi khusus anjing, sehingga giginya tetap terawat dan terhindar dari bau tidak sedap. Bersihkan gigi anjing secara rutin.

  1. Bersihkan telinga anjing

Telinga anjing juga merupakan bagian tubuh yang perlu dibersihkan secara rutin. Untuk membersihkannya anda dapat menggunakan kapas yang dicelupkan ke dalam baby oil. Kebersihan telinga anjing membuat anjing mudah mendengar apa saja yang kita perintahkan.

  1. Potong kuku anjing

Rutinlah memotong kuku kakinya setiap 10 hari sekali ketika kuku-kukunya sudah mulai panjang. Jangan memotong kukunya terlalu pendek karena dapat menyakiti anjing. Potonglah kuku secukupnya sebelum mengenai pembuluh darah pada kuku.

  1. Berikan multivitamin

Untuk menjaga kesehatan anjing anda agar semakin sehat berikanlah ia vitamin secara berkala. Ada banyak merk dan jenis vitamin khusus anjing yang beredar di pasaran dan bisa dengan mudah anda dapatkan.

  1. Pasangkan collar dan leash saat keluar rumah

Saat berjalan-jalan keluar rumah bersama anjing peliharaan anda jangan lupa pasangkan collar dan leash. Ini digunakan untuk mengendalikan anjing. Karena seperti yang kita ketahui anjing herder memiliki naluri alami untuk melindungi tuannya. Dikhawatirkan ia menjadi tidak terkendali ketika merasa terancam sehingga penggunaan collar dan leash sangat diperlukan.

  1. Ajak anjing berolahraga secara rutin

Agar stamina dan kesehatan anjing terjaga dan terlatih maka Anjing harus dilatih berolahraga secara rutin. Selain melatih fisik kegiatan olahraga juga dapat membantu melatih temperamen dan kepribadian anjing menjadi lebih stabil dan terkendali. Contohnya seperti berlari mengeliling lapangan selama 20 menit.

  1. Ajak anjing bermain

Ajak anjing bermain agar anjing merasa fun, rileks, tidak bosan, serta mendekatkan hubungan antara anjing dan pemiliknya. Anda dapat menggunakan mainan khusus seperti bola dan chew toys. Ajak juga Anjing herder jalan-jalan di lingkungan rumah untuk mendapatkan suasana baru dan membantu anjing mengenali lingkungannya.

  1. Berikan vaksinasi pada anjing

Untuk melindunginya dari berbagai penyakit, berikan anjing vaksinasi sesuai kebutuhannya sehingga kekebalan tubuhnya meningkat. Jangan memberikan anjing vaksinasi sembarangan jika tidak memiliki pengetahuan tentang hal tersebut. Percayakan pada dokter hewan sehingga anjing peliharaan dapat divaksinasi secara benar dan aman. Sebelum anjing divaksinasi mandikan anjing terlebih dahulu agar anjing dalam keadaan bersih saat divaksinasi. Jangan mengajak anjing berolahraga berat ketika akan divaksinasi karena dapat membahayakan kesehatannya.

  1. Latih untuk buang air besar dan kecil

Jika memelihara anjing herder yang masih kecil yang belum terlatih sebaiknya mulailah melatihnya untuk buang air besar dan kecil pada tempat tertentu, agar anjing peliharaan tidak buang air sembarangan. Pelatihan ini juga untuk melatih kecerdasan si anjing agar mulai bisa memahami apa yang boleh dan tidak boleh serta berinteraksi dengan pemiliknya.

  1. Melatihnya melakukan hal-hal dasar

Untuk memaksimalkan peran anjing herder sebagai anjing penjaga maka anjing perlu dilatih beberapa hal dasar seperti mengetahui namanya sehingga anjing paham ketika dipanggil, memahami beberapa kata seperti berdiri, berbaring, duduk, lompat, gigit, dan lain sebagainya, serta menyuruh ia masuk ke kandang.

* Dari berbagai Sumber

=========== INFORMASI PRODUK & ORDER ===========

Kantor Pusat
Jl. Tentara Pelajar No. 23A Banjarsari Surakarta
(0271-665 847)
PHONE/SMS/WA (WhatsApp) : +62 857-4730-3425
Klik >> https://bit.ly/OSHINE-PRO-WA

Temukan Kami :

OSHINE PROBIOTIK

Facebook         : https://www.facebook.com/oshineprobiotik
Instagram        : @oshineprobiotik_
Line ID            : https://bit.ly/Oshine-Probiotik

Related posts

Leave a Comment