Anjing Saint Bernard, Sang Ahli SAR (Search and Rescue)

SEJARAH ANJING SAINT BERNARD

Anjing Saint Bernard berasal dari anjing Roman Molossian, tapi tidak sampai antara tahun 1660 dan 1670 ras ini dikembangkan untuk menjadi anjing luar biasa yang bertanggung jawab menyelamatkan banyak nyawa. Pada sekitar waktu tersebut, anjing-anjing besar ini pertama kali tiba di St. Bernard Hospice, sebuah tempat berlindung untuk wisatawan yang melintasi antara Swiss dan Itali. Ras Anjing Saint Bernard awalnya datang untuk membantu menarik gerobak dan untuk memutarkan alat yang digunakan untuk memanggang makanan pada jaman itu dan juga digunakan sebagai anjing pengawas atau teman peliharaan, namun para biarawan tidak lama kemudian mengetahui bahwa anjing Saint Bernard bisa mencari jejak dibalik salju yang tebal.

Anjing-anjing yang mahir pun ditempatkan di lokasi wisatawan yang hilang. Ketika anjing saint bernard ini menemukan seseorang, ia akan menjilati wajah dan berbaring disampingnya, untuk menghangatkan dan menyelamatkan orang tersebut. Anjing-anjing saint bernard ini terus bertugas melakukan pekerjaan mulia ini selama tiga abad, menyelamatkan lebih dari 2,000 nyawa. Yang paling terkenal dari semua Saint Bernard adalah Barry, yang sangat berjasa karena telah menyelamatkan 40 nyawa. Sebelum kematian Barry, anjing-anjing tsb dikenal dengan beberapa nama, termasuk nama hospice dog, tetapi setelah kematian Barry, anjing-anjing tersebut dipanggil Barryhund untuk menghormatinya.

barry anjing saint bernard
barry anjing saint bernard

Pada awal 1800an, banyak anjing saint bernard yang hilang karena cuaca yang sangat buruk, penyakit, dan perkawinan sedarah/inbreeding. Beberapa anjing yang tersisa disilangkan dengan ras Newfoundland tahun 1830. Sebagai hasilnya, jenis anjing Saint Bernard berbulu panjang pertama muncul. Meskipun kelihatannya bulu panjang dapat membantu anjing di salju yang dingin, tetapi kenyataannya kondisi bulu panjang ini malah menghambat anjing karena es salju menempel pada bulunya. Karenanya, anjing jenis bulu panjang ini tidak dapat digunakan untuk tugas penyelamatan.

Anjing Saint Bernard pertama kali datang ke Inggris sekitar tahun 1810 dan disebut dengan banyak nama berbeda, diantaranya adalah sacred dog (anjing suci). Tahun 1865, nama Saint Bernard sudah umum digunakan dan menjadi nama resmi ras ini tahun pada 1880. Pada waktu tersebut, anjing Saint Bernard sangat populer. Meskipun sejak itu popularitas sempat turun naik, namun anjing Saint Bernard tetap menjadi salah satu anjing raksasa paling populer.

Anjing Saint Bernard, St. Barnhardshund, Alpine Mastiff atau Bernhardiner dikenal sebagai anjing besar yang bijaksana diantara anjing lainnya. Anjing Saint Bernard merupakan anjing yang tegap, gagah, tinggi, kuat dan berotot. Kepalanya yang besar sangat kuat dan kelihatan pintar. Anjing bisa digambarkan sebagai anjing besar yang selalu membawa kaleng atau tong brandy yang dikalungkan pada lehernya. Saint Brandy memang dianggap sebagai anjing penolong atau anjing penyelamat.

anjing saint bernard 2
anjing saint bernard

Ciri fisik anjing Saint Bernard :

  1. Ukuran standar anjing saint bernard dewasa tingginya sekitar 65-90 cm
  2. Berat badan anjing saint bernard berkisar antara 50-120 kg
  3. Tulang tengkorak melebar dan sedikit melengkung dengan kulit sedikit berlipat
  4. Hidungnya terlihat lurus melebar dengan lubang hidung terbuka berwarna hitam
  5. Moncongnya agak tinggi dengan bibir atas berwarna hitam agak menggantung
  6. Giginya penuh dan kuat sekali
  7. Matanya coklat tua sedikit melorot kebawah tampak pintar dan bersahabat
  8. Telinganya berukuran medium terlihat menggantung
  9. Lehernya kuat dan menggelambir
  10. Bulunya berwarna merah dengan diselingi putih, atau sebaliknya, panjangnya sedang mengilat, sedikit menggelombang tetapi tidak keriting
  11. Ekornya yang panjang dan kuat menjulur ke bawah dengan ujung agak melengkung keatas
  12. Umurnya dapat tercapai 7-8 tahun
  13. Pejantannya biasanya lebih banyak warna hitamnya. Warna anjing jantan lebih jelas dibanding yang betina

Sifat Anjing Saint Bernard :

  1. Sangat patuh
  2. Setia
  3. Sabar
  4. Tenang
  5. Perawakannya mengesankan
  6. Jalannya sangat lambat dan santai tetapi mantap
  7. Makannya banyak.

Tips Perawatan Anjing Saint Bernard

  • Bulu Anjing Saint Bernard tergolong panjang, jadi untuk merawat bulunya sangat disarankan dilakukan secara berkala. Sikat bulunya kisaran 5 – 10 menit setiap hari, tapi ingat dalam 1 hari jangan terlalu sering menyikat/ menyisirnya karena akan rawan rontok.
  • Mandikanlah Anjing kesayangan “pada saat dibutuhkan”. Seberapa seringkah memandikan anjing ?, jawabannya adalah semua sangat tergantung kepada masing-masing hewan peliharaan Anda, ini juga karena dipengaruhi oleh, lokasi Mereka bermain apakah becek/ berair/ kering, apabila kering maka memandikannya tidak sesering seperti ketika mereka bermain ditempat yang becek.
  • Dalam memandikan jangan sampai  menggunakan sampo untuk manusia, karena kulit anjing biasanya lebih sensitif daripada kulit manusia. Penggunaan sampo manusia memperbesar resiko kulit anjing iritasi, menyebabkan bulu kering maupun merusak jaringan kulit mereka.
  • Periksalah telinganya secara rutin. Jaga agar telinga anjing selalu bersih, hindari penggunaan “cotton  bud”membersihkan bagian dalam telinga. Cotton bisa digunakan untuk daerah telinga bagian luar.

TIPS Menjaga Anjing Saint Bernard selalu sehat

Berikut ini adalah 12 cara yang kami rekomendasikan pada Anda untuk tetap menjaga Anjing Saint Bernard Anda dapat hidup sehat dan mencapai usia maksimal:

  1. Selalu berikan VAKSINASI yang dibutuhkan kepada anjing Saint Bernard anda, dan ditindak lanjuti dengan melakukan pengulangan, hal ini untuk menjaga stabilitas kekebalan dan daya tahan tubuh terhadap berbagai macam penyakit. Dan berikan selalu OBAT CACING pada anjing Anda secara berkala setiap 3 bulan, dan jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter hewan.
  2. Berikanlah Saint Bernard Anda antara 6 hingga 13 Cup makan setiap hari ( Ukuran Cup tergantung pada Dog food yang Anda berikan, dan juga usia serta berat badan). Karena Anjing Saint Bernard adalah anjing yang mudah bertambah besar, dianjurkan untuk memberikan makan 2 atau 3 kali dalam ukuran kecil setiap hari, hal ini dilakukan kebalikkan dari memberi makan 1 atau 2 kali namun dalam ukuran yang lebih banyak.
  3. Berikanlah Anjing Saint Bernard Anda makanan dengan kualitas yang baik, terutama makanan harus ada kandungan dagingnya, Dan jika Anda memberikan Dog food, kandungan proteinnya jangan yang kurang dari 30 persen, dan kandungan lemak tidak berada di bawah 20 persen, dan kandungan serat yang paling maksimum 4 persen atau kurang
  4. Dianjurkan untuk memeriksakan kemungkinan terdapat problema Hip dysplasia, Anda dianjurkaan untuk berkonsultasi dengan Dokter Hewan Anda
  5. Berikan Anjing Saint Bernard Anda sosialisasi terhadap manusia khususnya anak-anak dan juga hewan peliharaan lainnya. Meskipun mereka tergolong hewan peliharaan yang patuh dan penurut, namun secara naluriah dan dikarenakan postur tubuhnya yang besar terkadang timbul masalah didalam menguasainya.
  6. Ajaklah Anjing Saint Bernard Anda Jalan Berkeliling setiap hari, dan jangan lupa untuk tetap menggunakan tali penuntun. Dan janganlah Anda lupa dikarenakan ukuran tubuhnya yang besar seekor Anjing saint Bernard akan dapat berubah menjadi tidak terkendali jika mereka hendak melakukan tindakkan sesuatu. Dan ingatlah mereka juga lamban di dalam pergerakkan.
  7. Janganlah melakukan latihan yang terlalu berlebihan kepada anak anjing Saint Bernard Anda terutama pada saat mereka baru berusia 1 atu 2 tahun, karena pada saat tersebut tulang belulang mereka masih di dalam masa pertumbuhan.
  8. Sikatlah Bulu Anjing Saint Bernard dengan menggunakan Sikat rambut yang kokoh sesuai dengan kebutuhan, begitu pula mandikan mereka sesuai dengan yang dibtuhkan. Jangan lupa mengingat bulunya yang panjang, semakin sering Anda menyisir bulu mereka hal ini akan mengatasi kerontokkan yang menyeluruh dan terjadinya penggumpalan pada bulu.
  9. Potonglah Kuku mereka setiap 2 atau 3 minggu.
  10. Bersihkan Mata anjing Saint Bernard sesering mungkin dengan menggunakan kain katun yang bersih, dan gunakanlah kain katun yang baru untuk membersihkan mata yang berbeda.
  11. Mengerti mengenai problematika kesehatan yang mungkin timbul pada Anjing saint Bernard. Seperti Gelisah, Jantung dan Kulit, Hip Dysplasia (Kegagalan pada sambungan persendian), problematika mata (lipatan mata).
  12. Bersiaplah unutk menikmati kebersamaan Anda hidup bersama Anjing Saint Bernard antara 8 hingga 10 tahun atau lebih, karena ini adalah perkiraan umum usia seekor Anjing Saint Bernard.

 *Dari berbagai sumber

=========== INFORMASI PRODUK & ORDER ===========

Kantor Pusat
Jl. Tentara Pelajar No. 23A Banjarsari Surakarta
(0271-665 847)
PHONE/SMS/WA (WhatsApp) : +62 857-4730-3425
Klik >> https://bit.ly/OSHINE-PRO-WA

Temukan Kami :

OSHINE PROBIOTIK

Facebook         : https://www.facebook.com/oshineprobiotik
Instagram        : @oshineprobiotik_
Line ID             : https://bit.ly/Oshine-Probiotik

Pencarian di Google :

Related posts

Leave a Comment