FELINE PANLEUKOPENIA VIRUS

OLEH: DRH NURY

Feline Panleukopenia Virus merupakan  penyakit yang menyerang kucing yang disebabkan oleh virus panleukopenia (FPV), sering disebut parvo kucing ataupun distemper kucing.  Penyakit ini disebabkan oleh virus termasuk Famili Parvoviridae yang menyerang jaringan pembentuk darah dan limfe, dan juga mukosa organ gastro intestinal sehingga menyebabkan penurunan jumlah leukosit dan enteritis. Penyakit karena virus ini mengakibatkan keadaan yang fatal dikarenakan memiliki tingkat  kematian  mencapai 75 % dan sangat mudah sekali menular dari satu kucing ke kucing yang lain.

  • Bagaimana Cara Penularannya?

Penularan terjadi ketika ada kontak dengan feces, skreta, muntahan maupun benda-benda yang mengandung maupun terkontaminasi virus dengan rute oronasal (endusan maupun jilatan). Virus ini sangat mudah sekali menyerang kucing pada rentan usia yang berbeda dari kitten sampai dewasa serta menyerang pada kucingkucing yang tidak divaksinasi.

  • Bagaimana Gejala Klinisnya?

Gejala klinis yang sering terlihat adalah penurunan/kehilangan nafsu makan, muntah, diare (kadang disertai darah), lemas, lesu dan demam. Dan pada saat dilakukan cek darah mengalami penurunan jumlah sel darah putih yang sangat tajam.

  • Bagaimana Dokter Mendiagnosanya?

Diagnosa berdasarkan gejala klinis yang muncul, pengunaan test kit dan melakukan pemeriksaan darah

  • Bagaimana Cara Terapinya?

Sampai sekarang belum ditemukan antivirus terhadap virus ini sehingga belum ada obat untuk mengobati penyakit ini. Pemberian Oshine Probiotik bisa menjadi bentuk antisipasi untuk menguatkan Imun Tubuh yang otomatis berfungsi sebagai anti virus alami. Pengobatan yang diberikan berdasarkan gejala klinis dan tindakan supportif. Pengobatan meliputi pemberian infus intravena, antibiotik, antimuntah, multivitamin.

  • Pencegahan
  1. Melakukan vaksinasi pada kucing pada usia minimal 3 bulan

2. Pemberian multivitamin Oshine Probiotik agar kucing memiliki daya tahan tubuh yang baik, sekaligus menjadi antivirus alami.

3. Menjaga kebersihan pada lingkungan dengan melakukan pembersihan kandang setiap hari dengan mengunakan cairan disinfektan atau cairan yang mengandung NaOCl atau dalam kehidupan sehari hari zat ini  dapat ditemukan pada cairan pemutih, atau dengan Disinfektan Alami Probiotik yang lebih ramah lingkungan seperti D-19.

  • Perawatan (Jika Sudah Terinfeksi)

Bila sudah Terinfeksi tindakan protektif terhadap hewan kesayangan lainnya harus segera dilakukan :

  1. Segera mengisolasi hewan yang terindikasi terinfeksi virus dan segera membawa hewan kesayangan ke dokter hewan untuk mendapat terapi selanjutnya.
  2. Membersihkan kandang, lantai dan tempat pakan dengan mengunakan cairan yang mengandung NaOCL, atau dengan Disinfektan Alami Probiotik yang lebih ramah lingkungan seperti D-19.
  3. Mengistirahatkan bekas kandang tempat pakan dan litter box disertai dengan menjemur peralatan setiap hari dibawah sinar mata hari, selama 2 minggu sebelum digunakan kembali untuk kucing lain.

=========== INFORMASI PRODUK & ORDER ===========

Kantor Pusat

Jl. Tentara Pelajar No. 23A Banjarsari Surakarta

(0271-665 847)

PHONE/SMS/WA (WhatsApp) : +62 857-4730-3425

Klik >> https://bit.ly/OSHINE-PRO-WA

Temukan Kami :

OSHINE PROBIOTIK

Facebook         : https://www.facebook.com/oshineprobiotik

Instagram        : @oshineprobiotik_

Line ID             : https://bit.ly/Oshine-Probiotik

Related posts

Leave a Comment