Hairball pada Kucing

Hai sobat Oshine. Apa sih Hairball itu? Kira-kira sobat oshine pernah mendengar istilah Hairball belum? Kalau belum yuk kita bahas bersama. Tapi, sebelumnya semua info yang Shinny share ke sobat Oshine semua berasal dari berbagai sumber.

Apa itu Hairball pada kucing?

Dilansir dari Cornell University, Hairball merupakan gumpalan bulu besar mirip bola yang tertelan oleh kucing. Keadaan ini dapat menyumbat saluran usus pada kucing dan berpotensi menimbulkan ancaman yang mematikan.

Hairball dapat dikeluarkan kembali oleh kucing melalui kotoran maupun memuntahkannya kembali. Namun, jika kondisi ini tidak segera diatasi, maka dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada kucing.

Penyebab Hairball pada Kucing

Hairball disebabkan oleh kebiasaan kucing yang bersih. Kucing mempunyai kebiasaan untuk membersihkan tubuhnya dengan menjilatinya. Lidah kucing yang digunakan untuk menjilati tubuhnya memiliki bentuk yang unik. Dalam lidah kucing, terdapat duri kecil yang menghadap ke belakang. Duri ini berguna untuk mencabut bulu yang sudah rontok dan mati. Dan pada saat yang bersamaan, menelan bulu-bulu rontok tersebut. Sebagian besar bulu ini dapat dicerna oleh sistem pencernaan tanpa masalah.

Namun, jika ternyata bulu tersebut tidak dicerna dengan baik dan tetap berada di bagian perut, maka hal ini akan membentuk bola rambut atau hairball. Untuk mengatasi hal ini, biasanya kucing akan memuntahkan hairball dengan sendirinya. Hairball biasanya terjadi pada kucing dengan bulu panjang seperti Persia maupun Maine Coon. Selain itu, kucing yang memiliki masalah kerontokan juga paling sering mengalami masalah ini.

Bahaya Hairball pada Kucing

Meski dalam tahap tertentu masih dianggap normal, namun bahaya hairball pada kucing dapat menjadi fatal. Beberapa gejala yang umum terjadi adalah tersedak dan muntah-muntah dan kucing akan memuntahkan hairball dalam waktu yang singkat. Gejala diatas merupakan gejala hairball yang normal pada kucing. Namun, jika gejala hairball yang terjadi seperti dibawah ini, sebaiknya segera menghubungi dokter hewan.

Berikut ini gejala yang dapat membuat bahaya hairball pada kucing semakin parah dan mematikan:

  • Muntah, tersedak, atau muntah tanpa menghasilkan bola rambut secara terus menerus
  • Kurang nafsu makan
  • Lesu
  • Sembelit
  • Diare

(Dari Berbagai Sumber)

=========== INFORMASI PRODUK & ORDER ===========

Temukan Kami di

Facebook         : oshine probiotik

Youtube          : oshine probiotik official

Web                 : www.oshinepro.com

Instagram      : oshineprobiotikofficial

Jam Kerja

  • Senin-Sabtu  : 08.00-16.30 WIB

Info Pemesanan dan Kemitraan Hubungi

Atau klik Link berikut ini

Link     : https://bit.ly/OSHINE-PRO-WA

Shopee: https://bit.ly/OshineNutrisi_SehatProbiotik

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.