JENIS KUCING PELIHARAAN, KUCING MAINE COON

KUCING MAINE COON

Kucing Maine Coon adalah salah satu ras kucing yang lahir secara alamiah. Sesuai dengan namanya “Maine Coon”, ras ini berasal dari Negara Amerika Serikat, tepatnya dibagian Maine.

Kucing Maine Coon memiliki jari kaki yang lebih banyak dibandingkan dengan kucing ras lain. Kelebihan dari jari kaki kucing yang panjang ini disebut Polidactyl  dan dominan bersifat genetik. Meskipun ada beberapa pembiak kucing yang khusus memelihara sifat asli ini, sebagian besar kucing maine coon modern tidak lagi membawa gen polidactyl. Sebagian besar organisasi dunia tidak mengizinkan kucing bergen Polidactyl mengikuti ajang kontes kucing. Mengakibatkan, Kucing Main Coon Polidactyl  jarang dikembangbiakkan lagi.

Tabel ciri-ciri kucing Maine Coon

Fakta Unik Kucing Maine Coon :

  1. Berasal dari Amerika Serikat

Kucing Maine Coon adalah satu-satunya kucing yang berasal dari Amerika Serikat.  Maine Coon sebenarnya bukan kucing asli dari Amerika, Maine coon hasil dari persilangan antara kucing berbulu pendek domestik dan kucing asing yang dibawa ke Amerika menggunakan kapal pendatang Eropa.  Kucing Maine Coon dikenal sebagai kucing terkuat dan pandai berburu.

  1. Kucing Bertubuh Besar

Ukuran tubuh kucing pada umunya tidak lebih besar dari pada anak anjing, sedangkan kucing Maine Coon memiliki postur tubuh yang besar seperti Anjing dewasa setelah kucing tersebut tumbuh besar. Memiliki tulang yang besar dan berotot, berat kucing Maine Coon Betina bisa mencapai 6kg, dan kucing maine coon jantan 9kg (setelah tumbuh besar).

  1. Suara Maine Coon Berbeda Dengan Kucing yang lain

Secara umum, kucing selain kucing Maine Coon memiliki suara standar “Meong”, sedangkan kalau kucing maine coon , mereka biasanya sering berkicau sambil mendengkur.

———————————————————————–——————————————————————

Merawat Kucing Maine Coon tidak boleh hanya mengandalkan jasa perawat kucing saja, namun juga harus dengan ulur tangan dengan kasih sayang sang pemilik kucing. Kedekatan antara pemilik dan kucing ini sangat diperlukan, walaupun kucing jenis Maine coon adalah kucing yang tidak suka dimanja, namun mereka memiliki rasa penasaran yang sangat besar, jadi tidak heran jika kucing ini suka  mengikuti maupun memperhatikan gerak-gerik si pemilik.

Berikut beberapa Cara Merawat Kucing Maine Coon yang harus dilakukan secara rutin dan yang perlu diperhatikan :

  1. Merawat bulu kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon adalah salah satu jenis kucing yang memiliki bulu Semi long-hair, dan mereka memiliki kemampuan untuk menjaga kebersihan dirinya sendiri. Walaupun begitu, kita sebagai pemilik juga harus secara rutin membantu membersihkan maupun menyisir bulu-bulu kucing Maine Coon. Hal ini berguna agar bulu kucing tidak kusut, tidak mengalami penggumpalan dan juga membersihkan bulu-bulu yang rontok di tubuhnya.

Untuk sisir yang sebaiknya digunakan, kami menyarankan menggunakan sisir berbahan metal, karena dapat mengurangi kerontokan bulu pada kucing Maine Coon.

Kucing Maine Coon adalah tipe kucing yang tidak suka  dengan air apalagi terlalu sering dimandikan, maka mandikan kucing Maine Coon ini jika mereka benar-benar kotor dan jangan terlalu sering.

  1. Pemberian Makanan dan Minuma untuk Kucing Maine Coon

Pemberian makanan dan minuman untuk kucing harus sangat diperhatikan karena sangat menentukan kesehatan si kucing. Berikan makanan dan minuman yang selalu fresh dan segar. Gantilah secara rutin makanan dan minuman pada tempat makan kucing Maine Coon minimal 1 kali sehari, dan berikan takaran yang pasti agar makanan langsung habis dan tidak ada sisa untuk menghindari bakteri yang akan menempel di sisa-sisa makanan kucing atau berikan sedikit demi sedikit, jika mangkuk tempat makan sudah kosong, bisa ditambah lagi.

Untuk minuman kucing Maine Coon, berikan air minum yang sudah matang. Dan selalu pantau tempat air minum kucing Maine Coon agar selalu bersih, karena biasanya tempat minum rentan terdapat bulu kucing yang rontok.

  1. Perawatan Gigi Kucing Maine Coon

Menyikat gigi si kucing mungkin adalah salah satu pekerjaan yang merepotkan bagi pemilik kucing, namun hal ini harus dilakukan secara rutin agar kucing terhindar dari penyakit gigi dan gusi. Penyakit periodental merupakan penyebab utama masalah kesehatan pada kucing, jika penyakit ini tidak diobati dapat menyebabkan masalah organ dan bahkan kematian pada kucing kesayangan. Jika Anda tidak bisa rutin menyikat gigi si kucing, bisa dibawa ke dokter hewan untuk mendapatkan pemeriksaan. Tapi kami sarankan untuk pemilik bisa rutin menyikat gigi si kucing.

Beberapa peralatan yang digunakan yaitu sikat gigi kecil, bisa beli di pet shop terdekat, untuk makanan kucing ada yang di formulasi sehingga dapat membantu mengurangi pertumbuhan plak, dan ada juga cairan yang mengandung fluoride khusus yang dicampurkan ke dalam air minum kucing.

  1. Perawatan cakar Kucing Maine Coon

Cakar pada kucing Maine Coon harus dipotong secara teratur, untuk menghindari kerusakan perabotan rumah tangga yang tidak dinginkan. Tidak harus dipotong sesering mungkin tapi hanya seperlunya saja. Untuk melakukan treatment ini bisa menggunakan pemotong kutu standart untuk kucing.

  1. Kotak Pasir untuk Kucing Maine Coon

Sediakan kotak pasir yang cukup besar, karena tubuh kucing Maine Coon terbilang cukup besar dan gemuk, letakkan kotak pasir tersebut ditempat yang tenang dan nyaman dibagian rumah anda, karena kucing Maine Coon adalah salah satu tipe kucing ras yang sangat senang jika memiliki WC pribadi.

Ketika memilih pasir untuk kucing Maine Coon, sebaiknya pemilik kucing memilih pasir yang tidak menggumpal.

  1. Berikan Nutrisi yang tepat dan terjamin untuk Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon bisa menjadi lebih gemuk memang sangat menggemaskan dan memiliki daya tarik tersendiri, tetapi dijaga agar kucing tidak terkena obesitas. Kucing juga seperti manusia, membutuhkan nutrisi yang baik dan cukup untuk memenuhi nilai gizi mereka. Kesalahan dan kekurangan pemberian nutrisi pada kucing akan mengakibatkan kucing mudah mengalami  ataupun terkena  berbagai macam penyakit, seperti kerontokan bulu, kucing bertambah kurus dan berbagai macam masalah pencernaan lainnya.

Dalam pemberian Nutrisi ataupun Vitamin untuk Kucing Kesayangan, kita harus sangat selektif dalam memilih merk Nutrisi yang tepat, baik dan terjamin aman tanpa efek samping.

Berikan Oshine Nutrisi Herbal Probiotik Multiguna, yang mengandung Lactobacillus dan tanpa efek samping.


APA ITU OSHINE ??

Oshine adalah Nutrisi Herbal Probiotik NON Kimia yang diformulasikan khusus untuk kucing dan anjing dengan memadukan herbal dan teknologi mikrobakteri terkini yang mengandung multivitamin, mineral dan probiotik komplek multiguna Lactobacillus sp. Yang berguna untuk pertumbuhan, perawatan, pencegahan, dan penyembuhan berbagai macam penyakit, serta meregrenerasi sel baik pada tubuh kucing.

Beberapa manfaat dari Oshine Nutrisi Herbal Probiotik Multiguna :

  • Melancarkan metabolisme dalam tubuh kucing dan anjing sehingga menjadi selalu fit dan segar.
  • Tubuh Kucing dan anjing semakin sehat, bulu makin cerah
  • Memperbaiki sistem pencernaan
  • Menambah nafsu makan
  • Efektif dicampur dengan obat kimia : Memaksimalkan kerja obat kimia, mengikat residu kimia sehingga tidak berbahaya bagi inangnya, beri selisih waktu 2 jam jika dengan antibiotik.
  • Mengobati penyakit kulit, koreng, dan luka pada kucing dan anjing (dioleskan)
  • Meminimalkan terkena serangan penyakit dan menekan angka kematian
  • Menjadikan kucing dan anjing makin lincah dan gesit karena lebih sehat
  • Mengobati peradangan/infeksi pada mata (ditetes)

Baca Juga : Oshine Nutrisi Herbal Ampuh untuk menghilangkan bau kotoran kucing peliharaan

CARA MENGHILANGKAN BAU KOTORAN KUCING

=========== INFORMASI PRODUK & ORDER ===========

Kantor Pusat
Jl. Tentara Pelajar No. 23A Banjarsari Surakarta
(0271-665 847)
PHONE/SMS/WA (WhatsApp) : +62 857-4730-3425
Klik >> https://bit.ly/OSHINE-PRO-WA

Temukan Kami :

OSHINE PROBIOTIK

Facebook         : https://www.facebook.com/oshineprobiotik
Instagram        : @oshineprobiotik_
Line ID              : https://bit.ly/Oshine-Probiotik

Pencarian di Google :

Related posts

Leave a Comment