Kenali Glaukoma Pada Anjing

Oleh drh. Nury

Glaukoma adalah penyakit di mana tekanan cairan di mata lebih tinggi dari normal. Glaukoma jauh lebih umum pada anjing daripada pada kucing dan dapat memiliki banyak penyebab. Glaukoma terjadi karena adanya tekanan cairan di ruang depan mata sehingga mengganggu sirkulasi cairan di mata. Glaukoma terbagi dua primer dan sekunder Glaukoma primer sering merupakan kondisi genetik yang diturunkan dan telah diidentifikasi pada beberapa ras anjing, termasuk Basset Hounds, Cocker Spaniels, dan Husky Siberia. Ini cenderung mempengaruhi kedua mata tetapi mungkin tidak terjadi pada kedua mata pada saat yang bersamaan. Glaukoma sekunder berarti bahwa tekanan di dalam mata normal sampai kondisi lain menyebabkan tekanan meningkat. Kondisi yang dapat menyebabkan glaukoma sekunder meliputi trauma pada mata, peradangan yang melibatkan mata, katarak, atau tumor di dalam mata. Glaukoma juga dapat diklasifikasikan sebagai akut (misalnya, terjadi tiba-tiba sebagai respons terhadap trauma) atau kronis (tekanan menumpuk selama periode waktu tertentu).

Gejala Glaukoma

  • Nyeri
  • Warna mata yang kabur atau “kebiru-biruan”
  • Merobek
  • Mata merah
  • Peningkatan sensitivitas terhadap cahaya
  • Pupil-pupil terdilatasikan
  • Pupil berukuran tidak sama
  • Nafsu makan berkurang (karena sakit)
  • Kebutaan sebagian atau seluruhnya
  • Head shyness” (keengganan untuk memiliki wajah atau kepala yang disentuh/didekati, karena rasa sakit dan berkurangnya penglihatan)

Diagnosis Glaukoma

Hanya ada satu cara untuk mendiagnosis glaukoma secara dini, yaitu dengan menggunakan perangkat kecil yang disebut tonometer, yang mengukur tekanan di dalam mata. Jika tes tersebut menunjukkan gejala glaukoma, tes kedua dilanjtkan dan disebut dengan gonioscopy, yang akan dilakukan untuk menentukan apakah glaukoma yang dialami anjing termasuk jenis glaukoma sudut lebar atau sempit.

Pencegahan Glaukoma

Sebagian besar kasus glaukoma tidak mudah dicegah. Hanya saja bila sudah terjadi glukoma diperlukan perawatan yang tepat agar glaukoma tidak semakin parah. Berikan Oshine Nutrisi Herbal Probiotik setiap hari untuk meningkatkan imunitas hewan peliharaan agar tidak mudah terserang penyakit dan virus. Glaukoma primer (bentuk yang diwariskan) pada akhirnya memengaruhi kedua mata (meskipun tidak selalu pada saat yang sama), jadi jika salah satu mata hewan peliharaan Anda terpengaruh, dokter hewan Anda dapat merekomendasikan perawatan kedua mata untuk membantu menunda dimulainya glaukoma di mata normal.

Pengobatan glaukoma

Pengobatan glaukoma ditujukan untuk mengendalikan aliran cairan melalui mata dan mengurangi tekanan di dalam mata ke tingkat normal, biasanya melalui penggunaan obat-obatan mata topikal dan obat-obatan oral.

=========== INFORMASI PRODUK & ORDER ===========

Temukan Kami di

Facebook         : oshine probiotik

Youtube          : oshine probiotik official

Web                 : www.oshinepro.com

Instagram      : oshineprobiotikofficial

Jam Kerja

  • Senin-Sabtu  : 08.00-16.30 WIB

Info Pemesanan dan Kemitraan Hubungi

Atau klik Link berikut ini

Link     : https://bit.ly/OSHINE-PRO-WA

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.