Muntah Pada Hewan Kesayangan

drh. Zahrotun Nury

Muntah adalah suatu kondisi saat isi lambung keluar melalui mulut, baik itu secara paksa maupun tidak. Muntah bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti : Makan dalam porsi yang besar dan waktu yang cepat, keracunan makanan, stres, infeksi saluran pencernaan (bisa karena bakteri, cacing ,dll), gangguan pada fungsi ginjal, radang pada saluran cerna seperti usus, infeksi telinga, efek samping pengobatan dan banyak lagi yang lainya.

Cara Mendeteksi Penyebab Muntah

Jika hewan muntah setelah mengonsumsi makanan tertentu, kemungkinan hewan mengalami keracunan makanan. Biasanya muntah akan terjadi paling tidak sekitar 1–2 jam setelah hewan mengonsumsi makanan yang telah terkontaminasi zat beracun atau bakteri terutama bakteri Salmonella. Atau hewan muntah setelah hewan makan dalam jumlah banyak dan melakukan aktivitas berlebihan ada kemungkinan hewan mengalami gangguan pencernaan. Untuk mendeteksi penyebab muntah lainnya, Anda bisa memeriksakan hewan  ke dokter. Bila dirasa perlu, hewan  juga akan  disarankan menjalani serangkaian pemeriksaan tambahan, seperti: Tes darah atau USG. Melalui rangkaian pemeriksaan tersebut, dokter bisa memperkirakan penyebab muntah dengan lebih jelas sehingga bisa memberikan penanganan yang sesuai dengan kondisi hewan.

Hal-Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Muntah

Ketika muntah, Hewan akan mengeluarkan banyak cairan dari dalam tubuh sehingga membuat hewan  rentan dehidrasi. Tanda-tanda dimana hewan mengalami dehidrasi adalah lemas, turgor kulit jelek, selaput mata memucat dan warna urine yang cenderung lebih pekat.

Agar terhindar dari dehidrasi setelah muntah sekaligus mengurangi risiko muntah lagi, ada beberapa hal yang perlu dilakukan, yaitu:

  • Pemberian anti muntah ( untuk dosis sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter hewan)
  • Konsumsi banyak cairan, seperti air putih atau cairan elektrolit yang dicampur dengan Oshine Nutrisi Herbal Probiotik untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh.
  • Pemberian cairan yang bersifat hangat
  • Hindari memberikan makan pada hewan kesayangan dalam jumlah besar
  • Hindari memberikan makan secara langung pasca muntah, sebaiknya ditunggu sekitar 30 menit – 1 jam pasca muntah
  • Cobalah memberikan minum setelah 1  jam pasca muntah, bila tidak ada muntah maka bisa dilanjutkan dengan pemberian makan yang bersifat ringan dan dalam jumlah sedikit
  • Mengindari aktivitas yang berat
  • Kondisikan hewan pada lingkungan yang tenang, berikan rangsangan sentuhan agar hewan mersa tenang

Cara Mencegah Muntah

Bila hewan terlihat gejala muntah dapat dihindari dengan cara

  • Kondisikan hewan dalam keadaan tenang dan relax
  • Hindari bau yang  pemicu mual dan muntah disekitar hewan .
  • Kondisikan hewan agar makan secara perlahan dan dalam porsi yang kecil tapi sering yang sudah dicampur dengan Oshine Nutrisi Herbal Probiotik.
  • Berikan air hangat untuk mengurangi rasa muntah.

Semoga bermanfaat

=========== INFORMASI PRODUK & ORDER ===========

Temukan Kami di

Facebook         : oshine probiotik

Youtube          : oshine probiotik official

Web                 : www.oshinepro.com

Instagram      : oshineprobiotikofficial

Jam Kerja

  • Senin-Sabtu  : 08.00-16.30 WIB

Info Pemesanan dan Kemitraan Hubungi

Atau klik Link berikut ini

Link     : https://bit.ly/OSHINE-PRO-WA

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.