SI PINTAR TANPA BULU

Kucing ras Sphynx (dahulu bernama Canadian Hairless) adalah ras kucing yang mempunyai bulu pendek atau sedikit sekali. Kemunculan ras Sphynx bermula dari seekor kucing lokal di Kanada yang melahirkan anak-anak kucing tanpa bulu karena mutasi genetik. Dari anak-anak kucing tersebut, dimulailah proses pengembangbiakan kucing tanpa bulu.

Ras Canadian Hairless sempat punah saat Cat Fanciers Association (CFA) membuat pernyataan bahwa ketiadaan bulu pada kucing merupakan hal yang tidak normal dan mematikan bagi kucing itu sendiri, sehingga mengakibatkan proses pengembangbiakan ras ini dihentikan. Namun beberapa lama kemudian, anak kucing tanpa bulu kembali lahir dari seekor induk kucing domestik. Kali ini kemunculan anak kucing tanpa bulu bukan lagi di Kanada, tetapi di Minnesota, Amerika Serikat.

Seorang breeder (peternak) bernama Georgina Gattenby kemudian mencoba mengembangbiakkan lagi ras kucing tanpa bulu dengan mengawinkan anak kucing tersebut dengan ras kucing Devon Rex. Perkawinan silang ini ternyata berhasil memperkuat sifat-sifat genetiknya dan menghasilkan kucing tanpa bulu yang sehat. Hasil perkawinan silang ini diberi nama “Sphynx”, yang diambil dari nama patung Sphynx yang ada di Mesir. Saat ini kucing Sphynx telah terdaftar di berbagai organisasi pendaftaran ras kucing, yaitu Cat Fanciers Association, Fédération Internationale Féline, Canadian Cat Association, American Association of Cat Enthusiasts, dan The International Cat Association.

Karakter

Sphynx tergolong sangat aktif dan pintar. Termasuk kucing yang sabar untuk mengeksplorasi yang berada dalam jangkauannya. Ras ini mudah disayangi dan setia. Sphynx butuh perhatian lebih karena harus lebih sering dimandikan untuk membersihkan keringat yang menumpuk pada kerutan.

Jika dilihat sepintas, kucing Sphynx memang tampak tidak berbulu sama sekali. Namun jika diperhatikan dengan lebih saksama, kucing Sphynx memiliki bulu-bulu yang sangat pendek dan halus. Kerutan-kerutan yang muncul pada kulit halusnya semakin menambah keeksotisan kucing Sphynx.

Kucing Sphynx memiliki ukuran yang medium dengan berat antara 3 sampai 6 kilogram. Bentuk badannya tegap dan ditopang oleh keempat kaki yang ramping dan panjang. Bagian-bagian tubuhnya yang lain, seperti area kepala, badan, dan ekor, memiliki bentuk yang serupa dengan kucing ras Bengal.

=========== INFORMASI PRODUK & ORDER ===========

Kantor Pusat
Jl. Tentara Pelajar No. 23A Banjarsari Surakarta
(0271-665 847)
PHONE/SMS/WA (WhatsApp) : +62 857-4730-3425
Klik >> https://bit.ly/OSHINE-PRO-WA

Temukan Kami :

OSHINE PROBIOTIK

Facebook         : https://www.facebook.com/oshineprobiotik
Instagram        : @oshineprobiotik_
Line ID              : https://bit.ly/Oshine-Probiotik

Related posts

Leave a Comment